Tuesday, February 22, 2011

Nilai Spiritual Zakat

Nilai Spiritual Zakat

Oleh KH Didin Hafidhudin

Republika 18 Rabiul Awal 1432 H

Secara harfiah atau etimologis, zakat berarti bersih, suci, berkah, dan berkembang. Artinya, orang yang suka berzakat dipastikan hati dan hartanya akan berkembang dengan penuh keberkahan.

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam QS.at-Taubah (9):103:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاَتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 ”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Sejalan dengan makna tersebut, implikasi spiritual dan rohani dari kesediaan berzakat dan berinfak sangat signifikan  pengaruh positifnya terhadap perilaku orang yang berzakat (Red.: Insya Allah para muzakki LAZ Al-Ikhlas).

Pertama, muzakki dipastikan akan memiliki etos kerja yang tinggi, aktif dan produktif.

Selalu bekerja, berusaha, dan berikhtiar untuk mendapatkan penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya dan memberi kepada orang yang membutuhkan.  QS al-Mukminun (23):1-4.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ

الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ

وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ

وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُون

Kedua, dalam mendapatkan penghasilan tersebut, muzakki akan selalu memperhatikan etika dan akhlak dalam bekerja. Ia tidak mau menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkannya. Korupsi, menipu, mengambil hak orang lain, apalagi mengambil hak rakyat, tidak akan pernah ada dalam kamus kehidupan muzakki. Pada sisi ini, upaya membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat hakikatnya adalah usaha memberantas perilaku korupsi sampai keakar-akarnya karena melalui pendekatan akidah syariah, disamping tentu saja melalui norma dan hukum.

Ketiga, muzakki akan memiliki jiwa sosial dan semangat empati yang sangat tinggi memandang dan merasakan penderitaan orang lain sebagai penderitaan dirinya. Rasa kasih sayang akan selalu terjaga dan terpelihara dengan baik. Kesediaan untuk mengorbankan apa yang ada pada dirinya untuk kepentingan bersama yang lebih besar akan masuk ke dalam struktur rohani dan kepribadiannya.

Inilah yang digambarkan sebagai semangat taraahum (saling menyayangi), sebagai mana diriwayatkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari. Rasullah SAW bersabda: “Kau lihat orang-orang mukmin dalam membangun kasih sayang dan kecintaan diantara  mereka adalah seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, anggota tubuh yang lainnya merasakan sakitnya pula, baik dalam panas maupun demamnya”.

Keempat, jika zakat-zakat para muzakki tersebut dikelola dan ditata melalui kelembagaan amil zakat yang amanah, terpercaya dan profesional, akan melahirkan kekuatan yang sangat dahsyat dalam membangun kesejahteraan bersama (Red.: Insya Allah, LAZ Al-Ikhlas kita ini).

Sebuah bangunan kesejahteraan yang ditata atas dasar keimanan dan kepatuhan pada ketentuan syariah islam, yang tentu saja akan relative lebih lama dan langgeng. Karena itu,mari kita gali bersama kekuatan umat yang sangat indah dan luar biasa ini.

Wallahu a’lam.

CARA  MUDAH  BAYAR  ZAKAT
1 Transfer ke :
a Bank Muamalat, AC. 305.16507.22 
                               an BD Herubroto
b Bank Mandiri, AC. 0060004392803
                               an Amiroedin Noeridin
Konfirmasi pembayaran ZIS melalui SMS :
Setelah transfer mohon  Bapak/ibu memberitahukan kepada kami melalui SMS
Caranya : ketik Nomor Muzakki (atau Nama bpk/ibu, jika  belum mempunyai Nomor Muzakki) / jenis dana dan jumlah ZIS / nama Bank / tanggal transfer, kirimkan ke +62816739392.
Contoh   :   33/zakat=2000000/Mandiri/1 Feb '11 atau
33/zakat=1500000&infaq=500000/Mandiri/1 Feb '11
atau      Fulan/zakat=2000000/Mandiri/1 Feb '11
                         kirimkan ke  +62816739392
2 Jika rumah bpk/ibu dalam radius 2 km dari sekretariat kami, hubungi langsung melalui telepon atau SMS
Kami akan datang, jemput zakat
bp. Didi Budiarso +628129408390
bp. Kamsi S +622194381030
bp. Amiroedin Noeridin +62816739392
+622198668423
sdr. Abdul Anas +6221816739392
3 Informasi lanjut :
mush_alikhlas@yahoo.com

Insya Allah, Laporan Keuangan Pengumpulan dan Penyaluran ZIS akan kami muat pada Buletin dua bulanan dan pada blog http://lazalikhlas.multiply.com

 

Atas nama para mustahiq/dhuafa, kami sampaikan terima kasih atas pembayaran zakat, infaq dan shadaqah bp/ibu.melalui LAZ Al-Ikhlas

No comments:

Post a Comment