Saturday, December 19, 2009

KLINIK ZAKAT

Klinik  Zakat

Apakah boleh zakat kita bagi langsung kepada yang miskin atau disetorkan ke masjid di desa tempat tinggal. Mohon dijelaskan kemana zakat seharusnya disetorkan. Terima kasih.

Jawaban.

Zakat anda boleh diberikan langsung kepada orang-orang yang berhak menerima zakat, termasuk melalui masjid atas nama Fi Sabilillah. Namun untuk lebih terorganisasinya dan supaya lebih aman tidak terjadi seperti di Pasuruan, anda sebaiknya membe rikannya melalui Badan Amil Zakat ataupun Lembaga Amil Zakat (termasuk Lembaga Amil Zakat Al-Ikhlas)

Apabila zakat pendapatan sudah dikeluarkan, sisanya ditabung, apakah uangnya yang ditabungkan itu harus dizakatkan juga bila cukup satu nishab? Dan apakah zakat pendapatan dikeluarkan setiap bulan atau ditotal selama satu tahun? Sebab gaji suami saya satu bulan tidak cukup satu nishab kalau ditotal.

Jawaban.

Tabungan ibu yang merupakan hasil dari uang profesi atau penghasilan yang telah dikeluarkan zakatnya dan telah sampai satu nishab, untuk tahun pertama tidak ada kewajiban untuk mengeluarkan zakatnya, sebab telah dikeluarkan setiap bulan. Namun pada tahun berikutnya, dan tahun seterusnya harus dikeluarkan 2,5 persen setiap me nerima penghasilan perbulan.

Apa saja yang menjadi pengurang zakat? Berapa zakat penghasilan yang harus dikeluarkan? Saya memiliki saldo terakhir ditabungan Rp 6 juta, bagaimana menghitung zakat tabungan saya? Setiap bulan, gaji saya sudah dikeluarkan zakatnya. Apakah tabungan dari sisa gaji yang telah dikeluarkan zakatnya, harus dizakati lagi bila mencapai satu tahun?

Jawaban.

Yang menjadi pengurang kewajiban zakat hanyalah hutang yang harus segera dibayar yang bersifat konsumtif, misal hutang untuk membeli kebutuhan hidup, untuk berobat.

Zakat penghasilan nishabnya senilai 520 kg beras dengan besar zakat 2,5% yang dikeluarkan setiap menerima penghasilan.

Nilai zakat tabungan adalah 85 gram emas dan besar zakatnya 2,5%. Perhitungannya dimulai pada saat tabungan anda mencapai nishab. Contoh: pada Januari 2008M, anda mulai menabung dan tabungan anda sudah mencapai nishab pada November 2008M. Setelah berlalu 1 tahun (haul) dari nishab, maka anda wajib membayar zakat pada Desember 2009M.

Salah satu persyaratan zakat an-namaa (berkembang) maka penghasilan anda yang sudah dikeluarkan zakatnya setiap bulan, kemudian sisanya ditabung, maka pada akhir tahun tabungan itu harus diperhitungkan dan dikeluarkan zakatnya 2,5% jika mencapai nishab senilai 85 gram emas.

Prof. Dr. Amin Suma SH MA.

Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa.

No comments:

Post a Comment